Minggu, 11 Januari 2009

laporan KKN

BAB II
DESKRIPSI WILAYAH

1. Letak Dan Wilayah
Kantor Kelurahan Selumit Pantai adalah Lembaga Teknis Daerah yang merupakan unsur penunjang Pemerintah Daerah. Kantor Kelurahan Selumit Pantai dipimpin oleh seorang Lurah yang berada dibawah Camat Tarakan Tengah dan bertanggung jawab kepada Kepala Daerah melalui Sekretaris Daerah.
Kelurahan Selumit Pantai terletak dipinggiran laut yang biasa disebut Beringin atau Kampung Pukat yang memiliki berbagai ragam ras, suku dan agama, baik itu suku tidung, banjar, jawa, bugis dan lain-lain. Adapun dalam kesehariannya berkehidupan sebagai nelayan dan petani tambak serta masyarakat yang berada di wilayah tersebut sangat harmonis, saling bekerjasama baik dari segi material dan non material.
Kelurahan Selumit Pantai merupakan wilayah Kecamatan Tarakan Tengah dan merupakan salah satu pemekaran dari kelurahan selumit pada tahun 2002 yang di dirikan oleh pemerintah kota Tarakan. Dalam hal ini program pemerintah kota tarakan untuk pembangunan baik dari segi ekonomi maupun pendidikan. Bila dilihat dari kasat mata kelurahan selumit pantai saat dulunya kelihatan kumuh kini setelah adanya pembenahan terlihat tertata rapi dengan adanya bantuan dari berbagai pihak walaupun masih adanya lokasi daerah yang masih kumuh.
Kelurahan Selumit Pantai memiliki sarana dan prasarana yang memadai seperti kantor kelurahan, yang statusnya adalah milik pemerintah dengan luas bangunan 59 m 2 , dengan bentuk bangunan yang bertingkat serta kondisi bangunannya baik. dan memiliki suatu kelembagaan yang bersifat sosial seperti lembaga pemberdayaan masyarakat, PKK, Posyandu dan sebagainya.
Secara khusus profil kelurahan sebagai alat pendataan kelurahan merupakan kumpulan data komprehensif ( multi sector ), yang diharapkan dapat mengakomodasikan kebutuhan data bagi pemanfaat data kelurahan. Pendataan kelurahan selama ini dilakukan secara parsial sesuai kebutuhan masing-masing pihak yang melakukannya sehingga kegiatan pembangunan kelurahan juga dilakukan secara parsial, suatu hal yang harus diatasi dengan adanya suatu sistem pendataan yang komprehensif sebagaimana pada profil kelurahan.
Oleh karena itu, dibutuhkan langkah penyempurnaan terhadap data profil kelurahan yang telah ada untuk menghasilkan profil kelurahan yang lebih sistematis, akseptabel dan applikabel. Hal ini dapat dilakukan melalui penyederhanaan mekanisme materi dan pengolahan pendataan, pengembangan sistem pengolahan data yang efektif dan efisien, penyiapan alat pendataan sistem peningkatan kapasitas pengolah data kelurahan.

2. Topografi
Adapun Letak Kelurahan selumit pantai di daerah pesisir laut dengan ketinggian wilayah kelurahan dari permukaan laut 1, 75 m dpl, dengan suhu minimum 28 oC dan maksimum 40 oC memiliki curah hujan 2,819 mm/hh.
Dan memiliki luas wilayah 3,200 Km2 . yang terbagi dari luas permukiman penduduk 2,84 km2 , dan daerah perkantoran 0,10923 km2 , serta luas prasarana umum lainnya 0, 500 km2 . Adapun jarak kantor kelurahan dengan kelurahan yang terjauh 5 km, dan dengan jarak ke kota 6 km.
mempunyai perbatasan antara lain, di sebelah barat berbatasan dengan laut, di sebelah timur berbatasan dengan kelurahan selumit, di sebelah selatan berbatasan dengan kelurahan sebengkok, dan di sebelah utara berbatasan dengan kelurahan karang rejo.

3. Penduduk
Jumlah Penduduk per 31 Desember 2007 Kelurahan Selumit Pantai Berjumlah : 16.761 Jiwa
- Jumlah Penduduk Berdasarkan Umur :

- Jumlah Penduduk Berdasarkan Gender :


Adapun dalam kependudukan di kelurahan selumit pantai memiliki berbagai ragam Kultural atau ras, etnis yang bermukim dikelurahan seperti tabel di bawah ini ;














Sarana dan Prasarana
1. Prasarana Administrasi Kantor :
 Mesin Ketik : 5 unit
 Komputer : 3 unit
 Meja : 20 buah
 Kursi : 146 buah
 Almari Arsip : 85 buah
2. Kendaraan Dinas
 Motor : 3 buah
Prasarana Kesehatan
 Rumah Sakit : - Unit
 Poliklinik / Balai Pengobatan : - Unit
 Apotik : 2 Unit
 Posyandu : 4 Unit
 Toko Obat : 5 Unit
 Tempat Dokter Praktek : 3 Unit
Prasarana Air Bersih
1. Total rumah tangga dapat akses air bersih :
 Tahun 2007 : 2.268 Rumah Tangga
2. Penggunaan air sumur pompa :
 Tahun 2007 : 10 Rumah Tangga
3. Penggunaan air sumur gali :
 Tahun 2007 : 54 Rumah Tangga
4. Pengguna penampungan air hujan :
 Tahun 2007 : 719 Rumah Tangga
5. Pengguna perpipaan ( PDAM ) :
 Tahun 2007 : 2.204 Rumah Tangga
Kepemilikan Jamban
1. Total rumah tangga memiliki jamban / WC
 Tahun 2007 : 0 Rumah Tangga
2. Total rumah tangga tidak memiliki jamban / WC
 Tahun 2007 : 453 Rumah Tangga
3. Pengguna MCK :
 Tahun 2007 : 0 Rumah Tangga
Kelembagaan Ekonomi
1. Pasar
 Tahun 2007 : 1 Unit
2. Lembaga Koperasi / Sejenisnya
 Tahun 2007 : 1 Unit
3. BUMDES
 Tahun 2007 : - Unit
4. Toko / Kios
 Tahun 2007 : 251 Unit
5. Warung Makan
 Tahun 2007 : - Unit
6. Angkutan
 Tahun 2007 : - Unit
7. Pangkalan Ojek atau Sejenisnya
 Tahun 2007 : 5 Unit
Keamanan Swakarsa
1. Jumlah Poskamling
 Tahun 2007 : 8 Unit
2. Jumlah Anggota Hansip
 Tahun 2007 : 97 Orang
Kelurahan saat ini memiliki mitra kerja dalam melaksanakan tugas dan fungsinya yakni Pelayanan yang prima terhadap masyarakat antara lain :
1. Lembaga pemberdayaan Masyarakat ( LPM ) yang berperan dalam bidang fisik kelurahan
2. Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga ( PKK ) yang berperan dalam bidang kesejahteraan melalui Posyandu dan kegiatan social kemasyarkatan
3. Karang Taruna berperan sebagai mitra kerja dalam kelompok kepemudaan dan olahraga

Dalam kegiatan kelancaran tugas sehari - hari untuk pelayanan kepada masyarakat, Lurah dibantu oleh :
1. Sekretaris Kelurahan
2. Seksi Pemerintahan
3. Seksi Pemberdayaan dan Kesejahteraan Masyarakat
4. Seksi Pelayanan Umum

4. perhubungan
Daerah Selumit Pantai memiliki sarana perhubungan yang ideal. Mengapa dikatakan demikian? Hal ini berhubungan dengan transportasi yang ada, baik transportasi darat maupun laut. Daerah pesisir pasti akan merujuk ke laut, yang tentu saja transportasi laut sangat memegang peranan guna kelancaran perhubungan tersebut yang membuka cakrawala perdagangan antar kota maupun Negara tetangga Malaysia.
Namun tidak kalah pentingnya dengan perhubungan transportasi darat atau kondisi lalulintas darat yang ada di Kelurahan Selumit Pantai ini. Sejak kebakaran yang menimpa wilayah beringin ini beberapa waktu yang lalu, Nampak kondisi jalan yang sudah mulai membaik. Hal ini dapat kita lihat dengan pengaspalan jalan yang diperkeras dan kondisi tanah yang sudah lumayan baik. Sehingga sarana umum yang dapat digunakan oleh penduduk Kelurahan seperti mobil, motor, gerobak, dan lain sebagainya dapat terpenuhi dengan baik. Selain itu, jembatan-jembatan yang ada baik jembatan beton, besi dan kayu terpelihara cukup dalam kondisi baik.

5. Mata Pencaharian
Keadaan geografis sangat berpengaruh terhadap segi kehidupan dan meta pencaharian masyarakatnya, hal ini terlihat sebagaimana dijumpai pada masyarakat Pantai umumnya yaitu bermata pencaharian sebagai nelayan meskipun tidak seluruhnya namun sebagian besar pasti pencari ikan. Adapun ragam mata pencaharian yang berada di selumit pantai sebagai berikut ;
 Buruh / Swasta : 1.740 orang
 Pegawai Negeri : 125 orang
 Pengrajin : 13 orang
 Pedagang : 257 orang
 Penjahit : 36 orang
 Tukang Batu : 85 orang
 Tukang Kayu : 131 orang
 Peternak : 310 orang
 Nelayan : 2.000 orang
 Montir : 13 orang
 Dokter : 9 orang
 Sopir : 44 orang
 TNI / Polri : 8 orang
 Pengusaha : 87 orang
 Petani / Perkebunan : - orang
 Jasa lainnya : - orang


Tabel presentasi mata pencaharian di kelurahan Selumit Pantai

















6. pendidikan
Dalam perkembangan pada saat ini bila di lihat dari cultural masyarakat selumit pantai dari segi pendidikannya sangat riskan sekali di sebabkan factor ekonomi keluarga yang sehingga generasi muda tidak mampu menempu jenjang pendidikan yang di inginkan oleh pemerintah walaupun adanya program yang bisa memberikan peluang bagi masyarakat agar anak – anaknya sekolah namun kita kembali pada ekonomi yang sekarang terjadi sehingga putra – putri mereka hanya mampu bersekolah sampai sekolah dasar. Bila kita lihat data tabel dibawah ini mayoritas banyak yang berijazahkan sekolah dasar dan sangat sedikit yang berijazahkan sma sampai berijazahkan sarjana.

Adapun upaya pihak kelurahan serta lembaga lainnya seperti LPM mengadakan Bimbingan belajar diluar sekolah yang mana bekerja sama dengan dinas pendidikan melalui program pendidikan kejar paket yang biasa kita dengar paket A, Paket B, Paket C, sehingga anak – anak yang tidak mampu dapat merasakan pendidikan walau itu tidak sama dengan pendidikan yang ada disekolah. Dan kemajuan membangun suatu daerah merupakan salah satu dari pendidikan yang harus diberikan pada masyarakat yang benar – benar tidak mampu seperti di selumit pantai yang mana berm dalam keseharian bernelayan.
Prasarana Pendidikan
1. Tahun 2007
 SLTA / Sederajat : - Unit
 SLTP / Sederajat : - Unit
 SD / Sederajat : 3 Unit
 Lembaga Pend. Agama : - Unit
 Lembaga Pend. Lain / Kursus : - Unit
2. Tahun 2007
 SLTA / Sederajat : - Unit
 SLTP / Sederajat : - Unit
 SD / Sederajat : 3 Unit
 Lembaga Pend. Agama : - Unit
Lembaga Pend. Lain / Kursus : - Unit

7. Agama / kehidupan beragama
kehidupan beragama di kelurahan selumit pantai berbagai ragam dan mayoritas merupakan muslim, dan selalu saling menghormati dan saling menghargai antara umat beragama. dan kelurahan selumit pantai memiliki jumlah penduduk yang menganut agama Kristen 212 orang, agama budha 177 orang, agama katholik 59 orang, hindu 34 orang , dan islam 16.279 orang yang mana mempunyai keyakinan masing – masing.

8. Kebudayaan
kelurahan selumit pantai memiliki budaya sesuai etnis yang berada dilingkungannya seperti suku tidung yang memiliki adat budaya sejak dari nenek moyang hinggga sampai saat ini dilestarikan oleh anak cucunya seperti adat perkahwinan, yang selalu di iringi dengan pukulan hadrah, japin, serta tidak pula setelah acara resepsi yang biasa disebut malom talu landom ( atau malam tiga malam ) yang mana merupakan ciri khas dari adat suku tidung, begitu pula dari etnis lainnya.



BAB III

A. Rencana Pembangunan Desa / Kelurahan
Berdasarkan survey yang telah kami lakukan di kelurahan Selumit Pantai, dalam segi pembangunannya sudah memiliki kualitas yang memadai seperti: sarana jembatan dengan kondisi yang baik, pelabuhan yang kondisiya juga baik, namun bila ditinjau kembali daerah lingkungannya sangat tidak sesuai dengan apa yang diinginkan oleh pemerintah tentang kebersihan, walaupun tempatnya di pesisir laut tetapi kebersihan lingkungan itu harus tetap dijaga. Baik didarat maupun dilaut dan satu yang memang belum ada terutama penempatan bak sampah sehingga masyarakat membuang sampah didalam laut. Namun, melihat perkembangan disetiap kelurahan yang memiliki RT akan tetapi di masih belum adanya plang pembatas – pembatas wilayah RT seperti di belakang BRI yang mana RT 29, RT 15, RT 16, RT 17, RT 18, RT 27, dan di Belakang Hotel Taufik RT 23, RT 24, RT 25.

B. Permasalahan
Kondisi masyarakat yang heterogen menyebabkan sulitnya komunikasi yang baik antar pihak kelurahan dengan masyarakat setempat. Masalah ini memicu saling ketidak perdulian masyarakat terhadap akan sesuatu yang terjadi di lingkungan. Banyak program yang dicanangkan oleh pihak kelurahan tidak berjalan dengan baik karena minimnya keperdulian masyarakat setempat. .
Masyarakat miskin dan berpendidikan rendah merupakan cerminan dari masyarakat yang tinggal di daerah pesisir. Demikian halnya dengan masyarakat kelurahan Selumit Pantai ( walaupun tidak seluruhnya ). Terkadang mereka tidak paham akan birokrasi yang harus dilalui ketika ingin berurusan dengan pihak Kelurahan. Tidak jarang terjadi missed komunikasi dan salah paham tentang bantuan bagi masyarakat miskin.
Bidang Macam Masalah Tempat

Fisik :
a. Pembuatan Plang RT






b. Pembangunan dan Pemeliharaan Prasarana Fisik :
- Pengecatan dan pembuatan bagan struktur serta Inventarisir data :
1. Kantor Lurah Selumit Pantai
2. Posyandu Bunga tanjung
3. posyandu mustika ratu
4. posyandu pandan wangi

c. Pembangunan dan Pemeliharaan Sarana Ibadah :
- Pengecatan dan pembuatan bagan struktur TKA/TPA BKPRMI BAIBURRAHMAN UNIT 15
- Pembuatan Kaligrafi

Dikarenakan jumlah RT dan penduduk yang bertambah maka perlu adanya plang pembatas RT yang pada dasarnya untuk mengetahui wilayah RT tersebut.









Kurangnya perhatian pengurus terhadap sarana yang telah disediakan






Keterbatasan financial dalam pemeliharaan sarana yang ada






Belum memiliki Bendera INNALILLAHI WA INNA LILLAHI RAJI’UN



Kelurahan Selumit Pantai












Kelurahan Selumit Pantai








Kelurahan Selumit Pantai







Kelurahan Selumit Pantai






Bidang Macam Masalah Tempat
Non Fisik :
a. Aspek Pendidikan :
- Kegiatan bimbingan belajar

b. Aspek Kesehatan :
- Pendataan Kesehatan tentang Hidup Bersih
- Pembagian Bubuk Abates

c. Aspek Lingkungan :
- Penyuluhan penanggulangan bahaya kebakaran

d. Aspek Keamanan :
- Ikut serta dalam menjaga keamanan ( ikut ronda )
- Rendahnya kemauan anak-anak mengikuti pelajaran diluar jam sekolah

- Kurangnya kesadaran masyarakat dalam bagaimana hidup yang bersih.
- Mencegah agar tidak terjadinya wabah demam berdarah.

- Telah terjadinya kebakaran
- Kurang waspadanya masyarakat akan bahaya kebakaran

- Beberapa pos kamling yang tidak sepenuhnya aktif melaksanakan kegiatan ronda malam


Kelurahan Selumit Pantai



Kelurahan Selumit Pantai





Halaman Kelurahan Selumit Pantai



Kelurahan Selumit Pantai








BAB IV
RENCANA KEGIATAN
Berbagai macam kegiatan yang direncanakan oleh mahasiswa KKN sesuai dengan kebutuhan masyarakat telah dirumuskan. Diantaranya adalah:
Bidang Rencana Kegiatan Tempat Kegiatan
Fisik Pembuatan Plang pembatas RT - posko KKN III di Posyandu bunga Tanjung
Penggadaan bak sampah Kelurahan selumit pantai Rt 01
Pembangunan dan pemeliharaan sarana
- posyandu
- LPTKA – BKPRMI BAIBURRAHMAN unit 15


Kelurahan selumit Pantai RT 03
Non Fisik
Aspek Pendidikan
Kegiatan Belajar Mengajar
- Posko KKN UB ( Posyandu Bunga Tanjung)
- TKA / TPA Alqur’an Baiburrahman unit 15
Aspek Kesehatan - pendataan kesehatan tentang hidup bersih
- pembagian bubuk abate
- Penyuluhan HIV / AIDS
RT 03 dan 05

Seluruh RT Kelurahan Selumit Pantai
SDN 002
Aspek Lingkungan Penyuluhan Penanggulangan bahaya kebakaran
Halaman Kelurahan selumit pantai
Pemeliharaan lingkungan dan kebersihan
Wilayah RT 03
Kerja Bakti Wilayah RT 01 dan RT 12 Kelurahan selumit Pantai
Penghijauan
Korwil Kec – Tarakan Tengah Kelurahan Pamusian Ladang Dalam RT 22
Bakti Sosial Dipantai Amal Korwil Kec – tarakan Timur
Kelurahan pantai amal
Tarakan, 21 juni 2008
Ketua Sub Unit XII

Sollaimansyah
NPM.04601020022

Mengetahui / Mengesahkan,

Lurah Dosen Pembimbing Lapangan

JAFAR SIDIK.SE MUKHLIS.SE,.Msi.
NIP. 010186815 NIDN. 1122017401
BAB V
PELAKSANAAN KEGIATAN

Bidang Tanggal Pelaksanaan Kegiatan Tempat Kegiatan

Fisik 5 Mei s/d
8 Juni 2008
23 Mei s/d 16 Juni 2008 - Pemetaan RT

- Pembuatan Plang pembatas RT Wilayah Kelurahan selumit pantai
- posko KKN III di Posyandu bunga Tanjung
Penggadaan bak sampah Kelurahan selumit pantai Rt 01



28 Mei 2008


30 Mei 2008 Pembangunan dan pemeliharaan sarana
- posyandu

- LPTKA – BKPRMI BAIBURRAHMAN unit 15



Kelurahan selumit Pantai RT 03

Non Fisik
Aspek Pendidikan
28 April s/d
31 Mei 2008
Kegiatan Belajar Mengajar
- Posko KKN UB ( Posyandu Bunga Tanjung)
- TKA / TPA Alqur’an Baiburrahman unit 15


Aspek Kesehatan 2 Mei s/d
4 Mei 2008

10 Mei s/d
11 Mei 2008
- - pendataan kesehatan tentang hidup bersih
- pembagian bubuk abate
- Penyuluhan HIV / AIDS
RT 03 dan 05

Seluruh RT Kelurahan Selumit Pantai
SDN 002

Aspek Lingkungan
31 Mei 2008 Penyuluhan Penanggulangan bahaya kebakaran Halaman Kelurahan selumit pantai

- Pemeliharaan lingkungan dan kebersihan
Wilayah RT 03

-
Kerja Bakti Wilayah RT 01 dan RT 12 Kelurahan selumit Pantai

17 Mei 2008 Penghijauan
Korwil Kec – Tarakan Tengah Kelurahan Pamusian Ladang Dalam RT 22

7 Juni 2008 Bakti Sosial Dipantai Amal Korwil Kec – Tarakan Timur

Kelurahan Pantai Amal
Aspek Sosial
14 Mei 2008




18 Mei s/d
14 Juni 2008


18 April s/d 18 Mei 2008
- Membantu Masyarakat dalam melayani pembuatan KTP dan Kartu Keluarga

- Pembuatan Kaligrafi



Pelayanan Masyarakat di kelurahan Kelurahan Selumit Pantai RT 3



Posko KKN UB
( Posyandu Bunga Tanjung )

Kelurahan Selumit Pantai


Tarakan, 21 juni 2008
Ketua Sub Unit XII

Sollaimansyah
NPM.04601020022

Mengetahui / Mengesahkan,

Lurah Dosen Pembimbing Lapangan

JAFAR SIDIK.SE MUKHLIS.SE,.Msi.
NIP. 010186815 NIDN. 1122017401

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar